Danau Toba Rally 2023- Beda Sean dan Ricardo Menurut Co-Driver Portugal Ini

Hugo Magalhaes akan turun lagi di Danau Toba Rally 2023 untuk mendampingi Ricardo Gelael, setelah tahun lalu bareng Sean Gelael. Adakah bedanya?

Co-driver asal Portugal itu sudah sempat debut di Danau Toba Rally September 2022, dalam rangkaian Asia Pasific Rally Championship (APRC). Memperkuat Jagonya Ayam Motorsport, Hugo berpasangan dengan Sean.

Untuk tahun ini, Hugo kembali didatangkan jauh-jauh ke Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara, untuk mengikuti ajang Danau Toba Rally. Kali ini Hugo tidak lagi berpasangan dengan Sean melainkan dengan Ricardo.

Ya, berpasangan dengan pereli senior Ricardo, Hugo akan coba menaklukkan trek reli yang terkenal menantang tersebut. Tapi, bukan tugas mudah juga mengingat Hugo harus beradaptasi dengan gaya membalap Ricardo.

Apalagi, dia terbiasa berpasangan dengan Sean yang memang lebih berani untuk menggeber mobilnya.

“Sean itu tak kenal takut, berani. Dan itu yang membuatnya jadi pebalap cepat. Sementara untuk Ricardo, saya memang mesti mem-push dia agar lebih cepat tetapi itu normal dan sejauh ini hasilnya bagus saat latihan dan shakedown. Saya memakai pace note yang kurang lebih sama dengan Sean, tapi saya sesuaikan. Ini karena lintasannya secara umum sama,” ujar Hugo dalam rilis kepada detikSport.

Terkait persiapan jelang balapan akhir pekan ini, Hugo cuma berharap cuaca cerah sehingga tidak mempengaruhi trek. Apalagi pada Jumat (23/6) sore WIB, hujan deras mengguyur area balapan sehingga trek basah dan berlumpur.

“Tapi Jumat sore hujan deras sehingga bisa berpengaruh pada trek. Tapi saya berharap semoga cepat kering karena malamnya hujan berhenti,” papar co-driver yang sudah mendampingi sekitar 50 pebalap di berbagai kejuaraan baik regional maupun dunia.

Baca juga: Danau Toba Rally 2023: Pelan-pelan Saja, Ricardo

“Yang terpenting saya dan Ricardo akan menikmati reli ini dengan perjuangan terbaik,” ujarnya.

Ricardo di saat bersamaan mengamini pernyataan Hugo soal kondisi cuaca. Dia menyebut trek yang paling menantang adalah Gorbus (termasuk Aek Nauli). “Walau SS paling panjang, tapi enak untuk dilintasi,” ungkap Ricardo.

Dalam acara jumpa pers hari ini, Musa “Ijeck” Rajekshah sebagai pebalap tuan rumah menargetkan jadi juara. “Saya ingin menang di sini dan juga ingin jadi juara nasional,” kata pria yang juga menjabat Wakil Gubernur Sumatra Utara ini.

Pebalap muda 18 tahun, Bintang Barlean yang berpasangan dengan co-driver Anondo Eko berharap bisa mengalahkan para pebalap senior.

“Pasti senang dan bangga kalau bisa mewujudkannya,” kata Bintang.

Ryan Nirwan yang merupakan pemenang putaran pertama tahun ini ingin menaklukkan Danau Toba Rally sekaligus jadi juara nasional.

“Untuk melengkapi gelar juara sprint rally saya,” katanya.

Pada hari pertama, Sabtu (24/6), ada sembilan SS dilombakan di Negeri Dolok, Huta Tonga, dan Aek Nauli-Gorbus selama dua kali untuk pagi dan siang.

Jadwal Danau Toba Rally 2023

LEG I
Sabtu, 24 Juni
SS1: Negeri Dolok 1 – 07.09 WIB
SS2: Huta Tonga 1 – 08.02 WIB
SS3: Aek Nauli Gorbus 1 – 09.14 WIB

SS4: Negeri Dolok 2 – 12.40 WIB
SS5: Huta Tonga 2 – 13.33 WIB
SS6: Aek Nauli Gorbus 2 – 14.45 WIB

LEG II
Minggu, 25 Juni
SS7: Negeri Dolok Reverse – 08.30 WIB
SS8: Huta Tonga Reverse – 09.24 WIB
SS9: Aek Nauli Gorbus Reverse – 11.37 WIB

Baca juga: Sean Gelael Dukung Ayahnya Beraksi di Danau Toba Rally 2023

(mrp/nds)

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Azcapro. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.