Raih Tiga Emas, Renang Indonesia Capai Target SEA Games 2023

Tim renang Indonesia mencapai target yang dicanangkan Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) yaitu tiga medali emas SEA Games 2023. Pencapaian ini disebut sebuah kemajuan prestasi.

PB PRSI sebelumnya mengirimkan 51 atlet untuk berlaga di tiga cabang olahraga yakni renang, polo air, dan loncat indah dengan berkekuatan 51 atlet. Rinciannya terdiri dari 24 atlet renang, 13 atlet polo air putra, 13 atlet polo air putri, dan satu atlet loncat indah.

Harapannya akuatik mampu melampaui capaian perolehan medali di SEA Games 2022 Vietnam yakni dua medali emas, tiga medali perak dan 10 medali perunggu.

Kenyataannya, target emas yang dicanangkan pun mampu hanya dicapai dari cabang renang saja. Tiga medali emas mampu tim renang peroleh lewat persembahan Masniari Wolf pada nomor 50 meter gaya punggung putri, lalu Siman Sudartawa di nomor 50 meter gaya punggung putra, dan Felix Victor Iberle di nomor 50 meter gaya dada putra.

Baca juga: Wushu Persembahkan Emas ke-45 Indonesia di SEA Games 2023

Selain meraih target merebut 3 medali emas, tim renang juga memecahkan dua rekor SEA Games dan dua rekor nasional. Juga meraih satu medali perak dan tiga medali perunggu.

Rekor SEA Games dipersembahkan Masniari yang keturunan Jerman-Batak mencatat waktu tercepat 28,89 detik. Ini jadi rekor SEA Games dan juga rekor nasional.

Rekor SEA Games sebelumnya 28,90 detik milik Tao Li (Singapura) tahun 2015. Sedangkan rekornas atas namanya sendiri 29,21 detik yang dibuatnya pada SEA Games 2022 Vietnam.

Baca juga: Perenang Indonesia Felix Pecahkan Rekor SEA Games

Kemudian rekor kedua dipecahkan Felix Viktor pada nomor 50 meter gaya dada putra. Felix berhasil mencatatkan waktu terbaiknya 27,56 detik, sekaligus memecahkan rekor SEA Games milik perenang Singapura Chien Yin Lionel Kho. Rekor Chien sebelumnya yaitu 28,15 detik. Dia membukukan waktu terbaiknya saat tampil di SEA Games 2019 Filipina.

Bagi Felix catatan waktu ini sekaligus mempertajam Rekor Nasional atas namanya sendiri yang sebelumnya dibukukan 27,60 detik di Malaysia Open, 14 Maret 2023.

Ketua Umum PB PRSI Anindya Bakrie bersyukur atas perolehan medali emas yang dicetak para atletnya.

“Alhamdulillah tim renang bisa mempersembahkan 3 medali emas. Ini berarti sesuai target, lebih baik dari Games Vietnam dua tahun lalu yang hanya merebut dua emas. Ini sebuah kemajuan prestasi,” kata Anindya dalam keterangan tertulisnya.

“Saya sangat memberikan apresiasi kepada pelatih maupun atlet,” kata Anindya Bakrie, yang turut menyaksikan langsung para perenang memburu medali di Kamboja.

Baca juga: Tenis Meja Akhirnya Ikut SEA Games 2023, Atlet: Terima Kasih Menpora Dito

Selain renang, cabang loncat indah yang mengirimkan satu atlet yaitu Gladies Lariesa Garina juga berhasil mempersembahkan dua medali. Yakni medali perak pada nomor papan 3 meter, dan medali perunggu dari menara 10 meter.

PRSI masih berpeluang mendapat tambahan medali dari tim polo air putra dan tim polo air putri yang baru akan bertanding pada Jumat (12/5).

(mcy/aff)

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Azcapro. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.