CdM- Kans Indonesia Rebut Medali Olimpiade 2024 Masih Terbuka

Chef de Mission (CdM) Olimpiade Anindya Novyan Bakrie optimistis Tim Indonesia masih punya peluang merebut medali di Olimpiade Paris 2024.

Olimpiade Paris 2024 telah berjalan enam hari sejak resmi dibuka pada Jumat (26/7). Seiring itu, beberapa wakil Indonesia satu persatu telah berguguran. Dari mulai wakil dari cabor judo, rowing, kemudian selancar, senam, menembak, hingga beberapa wakil dari cabang olahraga panahan dan bulutangkis.

Terbaru tunggal putra Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting yang hanya mencapai fase grup setelah disingkirkan lawannya masing-masing di laga penentu pada Rabu (31/7) kemarin malam.

Baca juga: Indonesia Sisakan 2 Wakil di Bulutangkis Olimpiade 2024

Dari 29 atlet Indonesia yang lolos ke Olimpiade 2024, tersisa 17 lagi yang masih memiliki kesempatan untuk memperjuangkan medali di multievent paling bergengsi sejagat raya tersebut.

Keyakinan itu diutarakan, Anindya sebagai ketua kontingen Indonesia. “Peluang tentunya kalau kita bicara berdasarkan data, memang angkat besi dan panjat tebing mempunyai kesempatan. Tapi kita tidak menafikan masih ada renang dan atletik,” kata Anindya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/8).

Sebagai informasi, Tim Indonesia masih menyisakan Diananda Choirunisa yang akan turun di babak 16 besar cabang olahraga panahan, dan Rezza Oktovia di babak 32 besar individual recurve putri. Serta Diananda juga masih akan tampil di nomor mixed recurve bersama Arief Dwi Pangestu.

Baca juga: Daftar 29 Atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Selain itu, Tim Indonesia masih memiliki wakil dari cabang olahraga renang yang dijadwalkan tampil di Paris La Defense Arena, pada Jumat (2/8).

Kemudian panjat tebing mulai Senin (5/8), serta angkat besi memulai pertandingannya pada Rabu (7/8), dan balap sepeda pada keesokan harinya.

Tim Indonesia juga menyisakan Gregoria Mariska Tunjung di tunggal putri dan Fajar Alfian/Muhamad Rian Ardianto dari ganda putra di cabor tepok bulu.

Baca juga: Jadwal Wakil Indonesia di Olimpiade Paris 2024, Kamis 1 Agustus

“Memang tidak mudah hari ini, kita mesti hadapi dengan kepala tegap, dan evaluasi supaya bisa lebih baik ke depannya,” Anindya mengungkapkan.

“Tentu kita mesti berikan semangat buat Gregoria dan juga Fajar/Rian pada babak berikutnya. Dan ini tidak mudah, tapi itulah pertarungan di level tertinggi Olimpiade, walaupun hari ini kita kecewa tapi ya itu lah olahraga. Tidak semuanya sesuai yang kita inginkan,” ujarnya.

Daftar Atlet Indonesia yang Masih Bertanding di Olompiade 2024:

  • Bulutangkis
    Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
  • Tunggal Putri
    Gregoria Mariska Tunjung
  • Panahan
    Diananda Choirunisa (Revurve Individu dan Mix)
    Rezza Octavia (Recurve Individu)
    Arif Dwi Pangestu (Mix Recurve)
  • Angkat besi
    Eko Yuli Irawan (61 kg)
    Rizki Juniansyah (73kg)
    Nurul Akmal (+81kg)
  • Panjat Tebing
    Veddriq Leonardo (Speed Putra)
    Rahmat Adi Mulyono (Speed Putra)
    Rajiah Sallsabillah (Speed Putri)
    Desak Made (Speed Putri)
  • Renang
    Joe Aditya (Men’s 100m Butterfly)
    Azzahra Permatahani (Women’s 200m Individual Medley)
  • Balap Sepeda
    Bernard Benyamin van Aert (Men’s Omnium)
  • Atletik
    Lalu Muhammad Zohri (Men’s 100M)

(mcy/krs)

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Azcapro. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.